Selasa, 16 September 2008

MAKALAH KABAGMIN POLRES BATANGHARI KOMPOL HERU WIDAYAT, DJ S.H.

MEWUJUDKAN POLSEK MUARA TEMBESI
POLRES BATANG HARI
SEBAGAI POLSEK UNGGULAN
( SENTRA PELAYANAN TERPADU )


I. Pendahuluan

Dalam upaya mewujudkan peningkatan pelayanan Polri kepada masyarakat yang lebih baik dalam hal kecepatan dan kualitas pelayanan maksimal dan meningkatkan mutu pelayanannya serta mengantisipasi banyaknya keluhan masyarakat akan pelayanan Polri yang dinilai masih diskriminasi, prosedur yang berbeli-belit, lamban, arogansi petugas, suasana yang tidak nyaman dan lain sebagainya, maka Polres Batang Hari segera menyikapi hal tersebut dengan membuat terobosan-terobosan sesuai arahan Kapolda Jambi Brigjen Pol Drs Budi Gunawan,SH.MSi. sebagaimana yang tertuang dalam Prioritas Kebijakan Kapolda Jambi tahun 2008-2009 yaitu “ Lima Laluan Serah Tujuan “ kemudian dilanjutkan dalam Telegram Kapolda Jambi No Pol : T/196/V/2008 tanggal 06- Mei -2008 tentang perintah kepada kepala satuan wilayah jajaran Polda Jambi untuk membentuk dan menunjuk Polsek Unggulan untuk mengatasi hal tersebut diatas, maka Polres Batang Hari menunjuk Polsek Muara Tembesi untuk menjadi polsek ungggulan.
Alasan kenapa Polsek Muara Tembesi yang di tunjuk menjadi Polsek Unggulan adalah sebagai berikut :
a. Letak Polsek Muara Tembesi yang sangat strategis, berada di tengah-tengah Kabupaten Batang Hari yang dilintasi oleh beberapa kecamatan yaitu Kecamatan Muara Bulian, Kecamatan Batin 24, Kecamatan Sebo Ilir, Kecamatan Mersam dan Kecamatan Sebo Ulu.
b. Posisi Kantor Polsek Muara Tembesi berada di persimpangan jalan, yang sangat penting bagi para masyarakat sekitar maupun bagi para pengguna jalan yang akan pergi menuju Kabupaten Bungo, Kabupaten Tebo, Kabupaten Sarolangun, Kabupaten Merangin, Kabupaten Kerinci, Kota Lubuk Linggau Propinsi Sumatera Selatan dan Kota Padang / Propinsi Sumatera Barat.

2. Kriteria / Tolok Ukur Polsek Unggulan

Adapun kriteria / tolok ukur polsek yang ditunjuk sebagai Polsek Unggulan adalah sebagai berikut :
a. Lokasi polsek yang mudah dijangkau oleh masyarakat sekitar, baik yang berada di kota ataupun yang berada di pedesaan, dapat ditempuh sarana transportasi R2 dan R4.
b. Sarana dan prasarana kantor yang modern, untuk melayani masyarakat haruslah sesuai dengan mutu dan kecepatan hasil kerja, seperti ruang kantor yang nyaman / menggunakan AC, situasi dan keadaan kantor yang bersih, WC yang bersih, sistim pengetikan komputerisasi, pemasangan jaringan informasi, memiliki alat komunikasi baik telepon, HT dan Rig.
c. Pelayanan satu atap, maksudnya polsek harus bisa melayani kebutuhan masyarakat mulai dari penerimaan Laporan Pengaduan ( LP ), pembuatan SKCK ( Surat Keterangan Catatan Kriminal ) dan pembuatan SIK ( Surat Izin Keramaian ) yang di keluarkan oleh Satuan Intelkam, di upayakan ada perpanjangan tangan dalam pengurusan atau pembuatan STNK ( Surat Tanda Nomor Kendaraan ) atau pembuatan SIM ( Surat Izin Mengemudi ).
d. Tempat parkir kendaraan R2 dan R4 yang tertib, rapih dan aman.
e. Pelayanan Prima dari personil polsek yang bertugas, dengan prinsip senyum, sapa, salam dengan kwalitas sumber daya manusia / kemampuan yang baik, sehingga masyarakat merasa puas.

3. Upaya-Upaya Yang di Lakukan

Adapun upaya-upaya yang harus dilakukan dalam rangka mewujudkan Polsek Muara Tembesi Polres Batang Hari sebagai Polsek Unggulan adalah sebagai berikut :

a. Perbaikan / Pembenahan Kantor Polsek Muara Tembesi
 Memperbaiki penampilan fisik / luar kantor, dengan membangun tempat parkir yang rapih dan bersih.
 Membangun gedung ruang pelayanan sentra kepolisian lebih humanis, modern, bersahabat dan sederhana ( diupayakan ruangan ber AC ).
 Membenahi WC kantor, karena merupakan bagian dari pelayanan.
b. Melengkapi Sarana dan Prasarana dalam kantor
 Pengadaan penambahan alat-alat mebeleir / kursi meja kantor.
 Mengadakan penambahan komputer dan alat tulis kantor.
 Mengadapan alat komunikasi telpon.
c. Menunjuk personil yang memiliki kemampuan baik fisik dan kualitas yang
cakap, sehingga masyarakat merasa puas.
d. Melaksanakan pelatihan-pelatihan yang berkaitan dengan pelayanan prima.

4. Kesimpulan

Dalam rangka mewujudkan percepatan pelayanan Polri kepada masyarakat, Polres Batang Hari tetap terus berupaya melakukan beberapa langkah terobosan untuk lebih dicintai oleh masyarakat Kabupaten Batang Hari dengan menunjuk Polsek Muara Tembesi sebagai polsek unggulan.
Demikian gambaran rencana pelaksanaan dalam rangka mewujudkan Polsek Muara Tembesi menjadi polsek unggulan sebagai pusat pelayanan masyarakat secara terpadu.
Muara Bulian, September 2008
Kabagmin Polres Batang Hari

Heru Widayat.DJ,SH.
Kompol NRP 73090621

Tidak ada komentar: